Iklan Investor Pialang
Kamis, 24 Mei 2018 | 20:45 WIB

Biaya Pembangunan Jembatan Penajam-Balikpapan Rp 4,5 Triliun

Rabu, 19 Desember 2012 / nasional / antara

 

OTDANEWS.COM, Penajam - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU) memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan jembatan penyeberangan Penajam-Balikpapan mencapai Rp4,5 triliun.

Kabid Prasarana Wilayah dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten PPU, Ibrohim Mas'ud, Selasa (18/12), mengatakan, anggaran pasti yang dibutuhkan untuk membangun jembatan penyeberangan tersebut, karena penyusunan Survey Investigasi Desaign (SID) belum dilakukan.

Namun, lanjutnya, dengan data teknis panjang jembatan 4,2 kilometer, tinggi bentang jembatan sekitar 60 meter dari permukaan laut dan bentang utama jembatan mencapai 500 hingga 600 meter. Diestimasikan dana pembangunan jembatan diperkirakan mencapai Rp4,5 triliun.

"Untuk mengetahui secara pasti, kami akan melakukan perencanaan teknis penyusunan Survey SID jembatan penyeberangan itu," ujar Ibrohim.

Menurutnya, Pemkab PPU sudah menyiapkan dana untuk biaya pekerjaan teknis SID jembatan sekitar Rp15 miliar. Dan saat ini, dalam proses lelang pekerjaan SID, diperkirakan pertengahan Januari 2013 pemenang sudah diumumkan.

"Jika sudah ada pemenang lelang pekerjaan dapat segera dilaksanakan secepatnya, diperkirakan penyusunan SID jembatan penyeberangan akan tuntas dalam waktu 10 bulan," kata Ibrohim.

Dijelaskan, SID jembatan penyeberangan Penajam-Balikpapan tersebut, akan menggambarkan hasil kajian laut, angin, lingkungan atau analisis dampak lingkungan (Amdal). Serta transportasi darat dan geoteknis tanah disekitar titik lokasi pembangunan jembatan.

"Dalam SID juga akan muncul kajian anggaran pembangunan jembatan penyeberangan itu," ucap Ibrohim.

Titik lokasi pembangunan jembatan, katanya disepakati untuk PPU di daerah Kayu Api dan di Tanjung Batu Kariangua untuk Balikpapan. Namun, pembebasan lahan hingga kini, belum dilakukan.

"Semua dana persiapan teknis dianggarkan Pemkab PPU, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyiapkan anggaran sisi darat, ujar Ibrohim.

Sisi darat, jelasnya, meliputi akses jalan termasuk lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan pendekat di Balikpapan.

Tentang persetujuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim atas rencana pembangunan jembatan penyeberangan tersebut, Ibrohim mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan data teknis. Langkah strategis persetujuan, sepenuhnya kewenangan pimpinan. (ANTARA)

Dibaca : 1069 kali
SIGNUP FOR NEWSLETTER