Iklan Investor Pialang
Kamis, 21 Juni 2018 | 01:50 WIB

UKM Proklamator Ajak Pelajar Tanam Terumbu Karang

Rabu, 10 Oktober 2012 / lintas daerah / tgh

otdanews.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Diving Proklamator Universitas Bung Hatta Padang mengajak masyarakat khususnya pelajar Sekolah Dasar yang bermukim di daerah pesisir pantai untuk ikut kegiatan penanaman terumbu karang.

Melibatkan para pelajar dan masyarakat untuk menanam terumbu karang perlu digalakan sebagai satu upaya mendukung Program Nasional Pemberdayan Masyarakat Lingkungan Mandiri Perdesaan (PNPM-LMP), kata pembina UKM Diving Proklamator, Mabruri Tanjung di Padang, Rabu.

Kegiatan yang dilaksanakan UKM Diving Proklamator ini adalah, mengikutsertakan puluhan murid SDN 25 Carocok Anau Nagari Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat untuk menanami kawasan pantai mereka dengan bibit terumbu karang.

Para murid dibantu masyarakat sekitar dengan difasilitasi UKM Diving Proklamator telah menanami kawasan pantai Tarusan dengan metode transplantasi terumbu karang yang di letakkan diatas 4000 buah subtrat-subtrat beton diatas rangka besi.

Rangka-rangka besi itu selanjutnya dibenamkan ke dasar laut pada kedalaman hingga lima meter, tambahnya.

Kegiatan yang dilaksankan Selasa (9/10) itu, katanya, selain untuk mendukung Program Nasional Pemberdayan Masyarakat Lingkungan Mandiri Perdesaan, juga upaya rehabilitasi kawasan pantai Tarusan.

Menurut dia, dengan melibatkan murid-murid SD di lingkungan pesisir pantai, maka dengan sendirinya akan menumbuhkan kesadaran melestarikan sumberdaya kelautan dan pesisir sejak dini.

Ia mengatakan, transplantasi merupakan sebagai salah satu teknik pelestarian (rehabilitasi) terumbu karang yang semakin terdegradasi dengan teknik pencangkokan.

Tujuan transplantasi pada dasarnya untuk pelestarian ekosistem terumbu karang yang berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak, atau membangun daerah terumbu karang yang baru yang sebelumnya tidak ada, tambahnya.(antara)

Dibaca : 630 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER