Iklan Investor Pialang
Senin, 21 Mei 2018 | 00:31 WIB

Idul Fitri Personel Dilarang Cuti

Selasa, 23 Juli 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Padang - Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Barat menyatakan, menjelang dan selama Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah, personel kepolisian tidak diperbolehkan mengambil cuti karena ditugaskan bagi pengamanan hari besar keagamaan umat Islam itu.

Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi di Padang, Selasa, mengatakan, berdasarkan interuksi dari Mabes Polri, untuk tahun ini, jajaran kepolisian didaerah, baik Polda, Polresta, Polres, Polsek, tidak diperbolehkan mengambil izin cuti maupun libur.

"Kita telah diinstruksikan dari pusat agar jajaran yang ada didaerah ini, maupun daerah lain di Indonesia untuk tidak libur pada saat hari besar keagamaan tersebut, tanpa terkecuali, sebab tugas utama kita adalah memberi pelayanan terbaik bagi masyrakat," kata Syamsi.

Dia menambahkan, sebab itu, tugas pengamanan yang dilakukan akan terfokus pada pelayanan mulai kompleks perumahan, lokasi keramaian, maupun jalur-jalur strategis mudik, dan lainnya.

Tidak diizinkanya pihak kepolisian untuk mengambil cuti tersebut disebabkan perlunya peningkatan pengamanan pada hari besar keagamaan itu, sebab belajar dari tahun-tahun sebelumnya, banyak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalulintas, kriminalitas, dan lainnya.

"Kejahatan yang kami antisipasi adalah kejahatan jalanan, dan kerawanan yang paling kami antisipasi adalah kemacetan, karena itu kami menyarankan agar para pemudik dapat berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan ini," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, terkait kemacetan, jajaran kepolisian setempat mengantisipasi banyaknya pasar tumpah yang sering muncul menjelang dan saat lebaran, seperti di kawasan jalan lintas Padang - Bukittinggi, Padang - Solok, Padang - Pesisir Selatan, serta Pernatasan Sumbar - Riau.

Sehubungan dengan itu, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah setidaknya di provinsi itu juga akan dibangun 76 pos pengamanan terpadu.

"Untuk pengamanan Lebaran Idul Fitri tahun ini, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan dengan pihak-pihak terkait, jajaran akan membangun 76 pos terpadu yang ditempatkan disejumlah titik yang masuk dalam jalur utama Sumbar serta alternatif bagi kelancaran pemudik," jelasnya.

Selain untuk pengamanan bagi pemudik, pos yang dibangun tersebut juga bertujuan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seperti untuk istirahat saat mereka lelah dalam berkendaraan atau antisipasi hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Syamsi menambahkan, Polda Sumbar juga bekerjasama dengan jajaran lainnya seperti pihak kepolisian di kabupaten dan kota, Pelang Merah Indonesia (PMI), Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan (Dinkes), TNI, serta instansi terkait lainnya.

Pos pengamanan selama lebaran tersebut mulai dibangun sembilan hari jelang lebaran, dan mulai ditempati personel pengamanan H-7 hingga H+7.

Dibaca : 907 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER