Iklan Investor Pialang
Senin, 26 Februari 2018 | 00:12 WIB

Dinas Pertanian Imbau Petani Segera Tanam Padi

Selasa, 07 Mei 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Purwokerto - Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Dinpertanhutbun) Banyumas Widarso mengimbau petani di kabupaten ini yang baru panen untuk segera menanam padi sebelum memasuki musim kemarau.

"Saat ini memang periode masa tanam II untuk tanaman padi. Oleh karena itu, petani diimbau segera menanam padi," katanya di Purwokerto, Selasa.

Kendati demikian, dia meminta petani untuk terus memantau sumber-sumber air irigasi dan menyiapkan atau memobilisasi pompa air.

Selain itu, kata dia, petani diimbau menanam varietas padi berumur pendek dan tahan kering.

"Gunakan pola SRI (System of Rice Intensification) atau PTT (Pengelolaan Tanaman Terpadu) dengan bibit muda," katanya.

Menurut dia, semua itu perlu dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya puso akibat kekeringan di musim kemarau.

Terkait penanaman palawija, dia mengatakan pihaknya menargetkan lahan seluas 3.059 hektare ditanami kedelai pada musim kemarau tahun ini.

"Tanaman kedelai kita masukkan pada musim tanam III, yakni Juli-Agustus, sesuai dengan pola tanam padi-padi-palawija," katanya.

Menurut dia, sejumlah kecamatan di Kabupaten Banyumas dinilai potensial untuk tanaman kedelai, antara lain Jatilawang, Banyumas, Kebasen, dan Purwojati.

Hingga saat ini, kata dia, rata-rata produksi kedelai di Banyumas berkisar 1,4 ton hingga 1,5 ton per hektare.

"Jumlah produksi itu hanya mampu mencukupi 10 persen dari kebutuhan riil produsen tahu dan tempe di Banyumas. Oleh karena itu, kami akan terus berupaya memperluas area tanam kedelai di Banyumas," katanya.

Dibaca : 615 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER