Iklan Investor Pialang
Jumat, 25 Mei 2018 | 04:14 WIB

Lamongan Buka Peluang Singapura Garap Proyek Air

Selasa, 16 April 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Lamongan - Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, membuka peluang kepada investor asal Singapura untuk menggarap proyek pembangunan air bersih.

Bupati Lamongan Fadeli, Selasa mengatakan investor dari "International Enterprise" (IE) yang merupakan wakil dari Departemen Perdagangan, Kedutaan Singapura di Jakarta itu juga sudah melakukan audensi dengan dirinya.

"Direktur Pusat IE Singapore Florence Loh sudah beraudiensi dengan saya di ruang kerja, dan dia didampingi dua orang asistennya," katanya.

Fadeli mengatakan, proyek air bersih Lamongan diperkirakan menelan anggaran hingga Rp150 miliar.

Ia mengatakan, tertariknya Singapura menggarap air bersih di Lamongan setelah sebelumnya Pemkab Lamongan melakukan paparan dalam "Indonesia Infrastructure Fast Track Seminar Series" (IIFTSS), tanggal 26-27 November 2012 di Jakarta.

"Dalam proyek ini sendiri, studi kelayakannya juga akan difasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas," katanya.

Fadeli menyebutkan, peluang industri air bersih di Lamongan sangat potensial, sebab banyak industri besar di wilayah Pantura yang membutuhkan suplai air bersih, ditambah banyaknya kebutuhan rumah tangga terhadap air bersih.

"Industri di Pantura Lamongan masih terbuka untuk terus berkembang, seperti produksi ikan Lamongan yang tahun lalu mencapai 109.511 ton, dan baru sekitar 30 persen yang diserap," katanya.

Sementara itu, dalam proyek ini Pemkab Lamongan akan menanggung biaya pembebasan lahan sekitar Rp3,75 miliar.

Rencananya, proyek ini akan menyediakan kebutuhan air minum 200 liter/detik melalui mekanisme BOT (build, operate, transfer), dan akan melayani wilayah Kecamatan Paciran, Brondong, Solokuro dan Laren.

"Diperkirakan, jumlah populasi di empat kecamatan itu mencapai 167.825 jiwa di tahun 2015, dan proyek ini akan melayani 41 persennya," katanya.

Dibaca : 218 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER