Iklan Investor Pialang
Kamis, 24 Mei 2018 | 20:54 WIB

Pekalongan Kembangkan Bangunan Kuno Sebagai Destinasi Wisata

Selasa, 16 April 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Pekalongan - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah akan mengembangkan dan memfungsikan beberapa bangunan kuno dan tersebar di sejumlah kawasan Jalan Jetayu sebagai destinasi wisata.

Wali Kota Pekalongan, Basyir Achmad di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan dan mengembalikan fungsi bangunan yang memiliki sejarah tersebut sebagai bangunan cagar budaya (BCD).

"Bangunan kuno milik Pemkot Pekalongan ini akan digunakan dan dikembalikan fungsinya sebagai bangunan cagar budaya yang selama ini masih ditempati untuk perkantoran," katanya.

Beberapa bangunan kuno yang masuk dalam rencana penataan tersebut, antara lain Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Inspektorat Daerah dan Rumah Tahanan Kota Pekalongan.

"Kantor inspektorat dan dinas kesehatan akan dipindah ke gedung sekretaris daerah dann rumah tahanan ke lokasi yang lebih luas. Nantinya, rumah tahanan ini akan kami jadikan destinasi wisata 'heritage' museum penjara," katanya.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 30 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pekalongan disebutkan salah satu kebijakan penataan kawasan strategis kota (KSK) untuk kepentingan sosial budaya yang dapat memberdayakan sosial budaya masyarakat pesisir dan mendayagunakan peninggalan sejarah kota.

Kebijakan penataan ruang dengan pengembangan kawasan strategis kota itu, kata dia, meliputi penetapan kawasan kota lama dan mengembangkan pemanfaatan ruang dan bangunan pada KSK untuk kepentingan sosial budaya.

"Kami berharap dengan penataan dan pengembangan bangunan kuno sebagai destinasi wisata, nantinya bisa memberikan kontribusi yang positif dalam upaya meningkatkan wisatawan berkunjung ke Kota Pekalongan," katanya.

Dibaca : 1746 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER