Iklan Investor Pialang
Rabu, 23 Mei 2018 | 02:19 WIB

Tangkapan Ikan Oleh Nelayan Jayapura Melimpah

Rabu, 20 Februari 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Jayapura - Tangkapan ikan oleh para nelayan di Kota Jayapura, Papua, cukup melimpah seiring dengan cuaca yang mendukung mereka untuk melaut, Rabu.

Berdasarkan pantauan di Jayapura, Rabu, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, berbagai jenis ikan bisa ditemui dengan harga terjangkau.

Berbagai jenis ikan itu, seperti ikan Tembang satu ember ukuran relatif sedang dihargai Rp50 ribu, Selayar ukuran sedang Rp20 ribu per ekor, dan Salam ukuran sedang Rp20 ribu per ekor.

Ikan Kakap Merah ukuran sedang Rp50 ribu per ekor, Baronang ukuran sedang Rp60 ribu per ekor dan ukuran besar Rp70 ribu.

"Kalau ikan Tenggiri ukuran kecil Rp50 ribu per ekor, ukuran sedang Rp250 ribu per ekor, dan besar Rp300 ribu per ekor," kata seorang nelayan sekaligus penjual ikan di TPI Hamadi, Rahmad.

Menurut dia, harga ikan saat ini cukup terjangkau, sedangkan beberapa waktu lalu melonjak karena faktor cuaca yang kurang mendukung para nelayan untuk melaut.

"Saat ini cuaca di laut begitu baik, makanya hasil tangkapan ikan cukup lumayan," katanya.

Hal senada juga dikatakan seorang penjual ikan lainnya di tempat itu, Irsan.

Ia mengaku mendapat hasil tangkapan lewat "bagan" atau perangkap ikan yang didesain khusus dan dipasang di laut guna membantu memudahkan nelayan saat menangkap ikan.

"Saya mendapatkan pasokan ikan dari para nelayan yang mempunyai 'bagan', dan sudah satu-dua hari ini ikan yang masuknya cukup melimpah," katanya.

Dia mengatakan ikan-ikan tersebut dipastikan akan dibeli oleh masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya, baik pembelian secara langsung maupun lewat pedagang keliling atau pengecer yang menggunakan sepeda motor.

"Biasanya ikan dari TPI Hamadi disebarluaskan oleh pengecer hingga ke Pasar Pagi Paldam, Pasar Youtefa Abepura, dan Pasar Phara Sentani Kabupaten Jayapura," katanya.

Seorang warga yang sedang berbelanja ikan di pasar setempat, Aprilia, membenarkan harga ikan saat ini cukup murah dengan persediaan di pasar yang melimpah.

"Biasanya saya membeli ikan cukup banyak untuk usaha warung makan, untuk harganya cukup murah," katanya.

Dibaca : 633 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER