Iklan Investor Pialang
Kamis, 24 Mei 2018 | 20:57 WIB

BNN Malut Dorong Satgas Narkoba Di Sekolah

Kamis, 14 Februari 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Ternate - Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara mendorong pembentukan Satgas Narkoba di setiap sekolah, khususnya pada tingkat SLTP dan SLTA, guna meredam kemungkinan narkoba masuk ke kalangan pelajar.

Kepala Humas BNN Provinsi Malut Rustam Lating mengatakan di Ternate, Rabu, penyalahgunaan narkoba dewasa ini telah meluas hingga ke kalangan pelajar dan itu sangat mengkhawatirkan, mengingat pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

Oleh karena itu, melalui pembentukan Satgas Narkoba di setiap sekolah yang semuanya dari kalangan siswa setempat, diharapkan dapat menjadi salah sarana untuk mencegah para siswa terjebak dengan narkoba.

Ia mengatakan, saat ini, Satgas Narkoba yang dibentuk di berbagai sekolah tersebar di Malut sekitar 200 orang, sehingga diharapkan bisa meredam penyalahgunaan narkoba di tingkat pelajar.

Selain itu, BNN Provinsi Malut juga berencana membentuk Satgas Narkoba di tingkat perguruan tinggi dan berbagai instansi terkait di Malut, agar bisa mendeteksi pengguna narkoba di lingkungan sekitarnya.

Untuk itu, program ini juga perlu diperhatikan untuk melakukan program antinarkoba di sekolah. Melibatkan keluarga dalam berbagai kegiatan. Tindakan dan sikap keluarga, terutama orang tua memegang peranan penting dalam membentuk keyakinan akan pengaruh negatif narkoba pada anak-anak.

"Orang tua juga diharapkan dapat menanamkan ajaran agama sesuai keyakinan masing-masing secara intensif dan komprehensif, memperbaiki pola asuh orang tua dalam rangka menciptakan komunikasi dan lingkungan yang lebih baik di rumah," ujarnya.

Demikian halnya dengan menekankan secara jelas kebiasaan berani menolak narkoba. Untuk itu, menurut dia, dibutuhkan konsistensi sekolah dalam sosialisasi bahaya narkoba dan mendorong beragam kegiatan antinarkoyoka di sekolah.

"Mulai saat ini baik pendidik, pengajar, maupun orang tua harus siap serta waspada akan bahaya narkoba yang mampu menjerat anak-anak. Dengan berbagai upaya tersebut, harapan untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik," katanya. (ANTARA)

Dibaca : 706 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER