Iklan Investor Pialang
Rabu, 23 Mei 2018 | 02:21 WIB

Kayu Kelapa Diminati Masyarakat Lombok Utara

Rabu, 23 Januari 2013 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Mataram - Kayu kelapa semakin diminati masyarakat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, karena harganya lebih murah dan relatif kuat untuk dijadikan bahan bangunan.

Misaid (60), salah seorang pedagang bahan bangunan kayu kelapa di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Rabu, mengatakan dalam beberapa bulan terakhir kayu kelapa diminati warga yang ingin membangun rumah, menyusul harga kayu produksi hutan meningkat.

Harga kayu olahan hasil hutan, seperti kayu kalimantan cukup tinggi. Kayu ulin kalimantan harganya mencapai Rp10,50 juta per meter kubik, sementara kayu ulin sulawesi Rp7,5 juta per meter kubik, kayu merbau Rp8,9 juta per meter kubik Selain itu, kayu bengkirai Rp8,7 juta per meter kubik dan kayu kamper Rp6,7 juta per meter kubik, sedangkan kayu kelapa kualitas super hanya Rp2,7 juta per meter kubik.

"Saya kewalahan melayani permintaan bahan bangunan dari kayu kelapa, karena permintaan cukup banyak," katanya, Ia mengatakan, kayu dari hutan kualitas tiga atau kayu masih muda tidak bisa bertahan lama untuk bahan bangunan, terutama kalau sering kena hujan akan cepat lapuk dan rusak dimakan rayap.

Sementara kayu kelapa, menurut Misaid, selain harganya relatif murah, masyarakat juga merasa lebih tenang menggunakannya, dibanding kayu hutan khususnya yang ditebang secara liar.

"Kalau menggunakan kayu hutan yang ilegal untuk membangun rumah masyarakat tidak tenang, karena takut kayu tersebut disita petugas kehutanan kendati sudah menjadi bahan siap pakai, seperti kusen pintu atau kusen jendela," katanya.

H Mahmud Husein, warga desa Medana mengaku lebih baik memilih kayu kelapa untuk membangun rumah karena sudah terbukti mampu bertahan lama.

"Rumah yang sedang saya bangun sekarang semuanya menggunakan kayu kelapa dari pohon yang sudah tua. Saya sengaja memilih pohon kelapa yang sudah tidak berbuah dan warna kayunya hitam," katanya.

Menurut dia, bahan bangunan dari kayu kelapa yang sudah tua bisa bertahan puluhan tahun. Kayu kelapa bisa dijadikan kusen pintu, jendela dan usuk, bahkan banyak yang memanfaatkan kayu kelapa untuk daun pintu.

Pintu dari bahan kayu kelapa tua, menurut Mahmud, selain kuat juga seratnya yang berwarna hitam terlihat menarik, apalagi kalau menggunakan pernis serat kayu akan semakin terang. (ANTARA)

Dibaca : 1141 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER