Iklan Investor Pialang
Senin, 21 Mei 2018 | 00:57 WIB

Warga Kupang Sangat Rasakan Suhu Panas

Senin, 01 Oktober 2012 / lintas daerah / antara

Warga Kota dan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur sangat merasakan cuaca yang sangat panas akhir-akhir ini, akibat kitaran matahari mendekati khatulistiwa hingga berada tepat di titik kulminasi atau posisinya tepat berada di atas Kota Kupang.

Kondisi alam ini (suhu naik hingga 34-35 derajat celsius) terjadi karena matahari berada di titik kulminasi atau tepat di atas Kota Kupang sehingga menyebabkan proses besarnya penguapan air laut sampai timbul awan komulatif dan menyebabkan mendung," kata Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun El Tari Kupang, Saiful Hadi, SP, di Kupang, Minggu.

Akibat penguapan tinggi, maka pada pekan kemarin sempat turun hujan yang sifatnya lokal, dan tidak signifikan. Karena NTT sendiri sampai saat ini belum masuk musim hujan.

"Pada tanggal 22-23 September 2012 merupakan puncak suhu panas posisi matahari tepat berada di atas Kota Kupang sehingga menyebabkan suhunya tinggi sekali," katanya.

Kondisi angin masih berada pada kisaran normal antara 10-20 km/jam. Kondisi ini tidak mengganggu pelayaran di daerah ini. Gelombang laut berada pada kisaran 1-2 meter, dan untuk wilayah selatan NTT berkisar sampai dua setengah meter.

Ia memperkirakan, kondisi panas ini akan berangsur-angsur turun beberapa hari ke depan saat memasuki bulan Oktober.

Penyebab lainnya, kata Saiful, karena di lapisan sekitar 10 ribu kaki di atas permukaan tanah, kelembaban udara terasa kering.

"Pada kisaran 40 persen jadi seolah-olah matahari bisa langsung memancarkan sinarnya langsung pada bumi," tambahnya.

Diharapkan, saat itu terjadi kelembaban cukup basah, ada awan-awan pembentuk hujan, sehingga sebagian radiasi matahari diserap awan.

"Untuk wilayah NTT yang memiliki karakteristik wilayah yang panas, sehingga tidak terlalu berpengaruh, karena sudah menjadi hal yang biasa bagi warga masyarakat setempat, terutama yang berada di sekitar pesisir," katanya.

Berdasarkan prakiraan cuaca di Kota provinsi Indonesia, Kupang cuacanya cerah dengan kelembapan sekitar 45 - 88 persen.

Ia menyebut pada tahun 2011, suhu panas matahari mencapai 37-38 derajat celcius, sehingga cukup menganggu kenyaman hampir sebagian besar penduduk di Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Timur.

Untuk diketahui suhu panas matarahari mencapai 34 derajat celcius melanda wilayah Nusa Tenggara Timur dalam sepekan terakhir ini karena perputaran matahari mendekati khatulistiwa dan akan mencapai puncaknya pad Oktober 2012.

"Kondisi ini akan sangat terasa pada saat ini (22-23/9) hingga mencapai puncak pada Oktober 2012 mendatang, karena hawa sangat panas di atas dari normalnya sekitar 30-33 derajat celcius.

Menurut dia, puncak suhu panas diperkirakan akan terus berlangsung sejak matahari tepat berada di atas khatulistiwa dan diperkirakan suhu udara panas bisa mencapai 37-38 derajad celcius dan akan sangat dirasakan panas matahari.

Dibaca : 639 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER