Iklan Investor Pialang
Kamis, 24 Mei 2018 | 20:39 WIB

Sektor Perdagangan Sumbang 17,1 Persen Perekonomian Sultra

Kamis, 27 September 2012 / lintas daerah / tgh

 

Kendari,  (ANTARA) - Sektor Perdagangan Perhotelan dan Restoran merupakan salah satu sektor yang menyumbang 17,1 persen terhadap nilai perekonomian Sulawesi Tenggara.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Nasir Andi Baso di Kendari, Kamis mengatakan, sektor perdagangan perhotelan dan Restoran salah satu penyumbang terbesar setelah sektor pertanian.

Kalau sektor pertanian mampu memberikan sumbangan 32,6 persen terhadap perekonomian Sultra, maka sektor perdagangan perhotelan dan restoran punya andil 17,1 persen, katanya.

Menurutnya, kontribusi sektor perdagangan perhotelan dan restoran tersebut konsisten mengalami peningkatan selama empat tahun terakhir.

"Peningkatan yang paling signifikan pada sub sektor perdagangan, terutama didorong oleh meningkatnya aktivitas pertambangan yang cukup tinggi," katanya.

Sedangkan pada sub sektor perhotelan, peningkatannya ditopang oleh beroperasinya hotel-hotel baru seiring dengan pelaksanaan event berskala nasional.

Event berskala nasional yang dilaksanakan di daerah ini selama beberapa tahun terakhir adalah Utsawa Dharma Gita, Sail Wakatobi-Belitong, Pameran Tekhnologi Tepat Guna (TTG), Pesta Paduan Suara Gerejawi nasional (Pesparawi) dan beberapa kegiatan nasional dan regional lainnya, katanya.

Kegiatan yang berskala regional dan nasional tersebut, katanya, ikut menopang atau mendorong perkembangan sub sektor restoran di daerah itu.

Ia menjelaskan, sesuai dengan pangsa sektor perdagangan perhotelan dan restoran pada PDRB yang cukup besar, penyerapan tenaga kerja sektor tersebut juga tercatat cukup besar yaitu rata-rata 16,7 persen dari total tenaga kerja di Sultra.

Sektor perdagangan perhotelan dan restoran menjadi sektor penyerap tenaga kerja terbesar ke dua di Sultra setelah sektor pertanian yang mampu menyerap 47,8 persen tenaga kerja, katanya.
 

Dibaca : 310 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER