Iklan Investor Pialang
Minggu, 25 Februari 2018 | 09:12 WIB

Jumlah Pemilih Sudah Mencapai 173 Juta

Rabu, 28 Agustus 2013 / pilkada / antara

OTDANEWS.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum mengumumkan bahwa jumlah pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang sudah masuk Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) hingga Senin (26/8) telah mencapai 173.050.362 jiwa.

Sedangkan jumlah nama yang telah tercantum dalam Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) sebanyak 1.551.246 jiwa, demikian informasi yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Rabu.

Jumlah itu, katanya, akan terus diperbarui hingga ada penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 7-13 September mendatang.

Disebutkan pula bahwa Ketua KPU Husni Kamil Manik telah menyampaikan perkembangan soal persiapan penyelenggaraan Pemilu 2014 termasuk perkembangan DPSHP dalam rapat dengar pendapat umum dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa (27/8).

Pada Rabu ini, KPU menggelar uji publik soal Sidalih dan perkembangan dalam mengunggah (upload) DPSHP.

Sebelumnya KPU memperpanjang masa pengumuman Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dari 17-23 Agustus menjadi 17-30 Agustus 2013 untuk memberikan pelayanan kepada pemilih dan masyarakat luas memberikan masukan atau tanggapan atas isi daftar pemilih itu.

Dalam Surat Edaran tertanggal 22 Agustus lalu, Ketua KPU meminta KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota untuk menyosialisasikan perpanjangan masa pengumuman itu kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan pemangku kepentingan lain di wilayahnya masing-masing.

Selain itu KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota juga diminta untuk melakukan DPSHP online (dalam jaringan) pada "data.kpu.go.id/dpshp.php" kepada masyarakat luas.

Kepada KPU/KIP Kabupaten/Kota yang belum mengunggah (upload) DPSHP ke Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih) diminta segera mengunggah paling lambat pada 29 Agustus 2013.

Perbaikan akhir DPSHP menjadi DPT oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota dilakukan pada 31 Agustus - 7 September 2013 dan selanjutnya, KPU/KIP Kabupaten/Kota menetapkan DPT pada 7-13 September 2013.

Dibaca : 1439 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER