Iklan Investor Pialang
Jumat, 20 April 2018 | 08:36 WIB

Dua Korea Tandatangani Kesepakatan Tentang Komite Kaesong

Kamis, 29 Agustus 2013 / mancanegara / antara

OTDANEWS.COM, Seoul - Kedua Korea secara resmi Kamis menandatangani perjanjian membentuk komite bersama yang akan bertemu pekan depan dan bertugas membuka kembali serta menjalankan industri gabungan Kaesong yang ditutup pada April.

Tantangan awal yang dihadapi komite 12-anggota ini adalah menyusun jadwal yang akan mengarah pada dimulainya kembali operasi di kompleks Kaesong.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang menangani urusan antar-Korea, mengatakan pertemuan pertama akan berlangsung Senin di Kaesong, 10 kilometer (enam mil) di perbatasan Korea Utara.

Kompleks ini didirikan pada tahun 2004 sebagai simbol rekonsiliasi langka Utara-Selatan dan selamat dari serangkaian krisis di semenanjung Korea karena proyek bersama lainnya runtuh.

Tapi operasi dihentikan pada April ketika Korea Utara menarik semua 53.000 pekerjanya pada saat ketegangan militer memuncak.

Pyongyang mengatakan tangannya telah dipaksa oleh pelatihan militer bersama Korea Selatan-AS yang "provokatif".

Kedua Korea awal bulan ini sepakat untuk membuat komite bersama dalam upaya memulihkan kompleks itu - sumber yang berharga penerimaan mata uang keras bagi Utara - untuk berjalan lagi.

Dibaca : 1123 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER