Iklan Investor Pialang
Minggu, 25 Februari 2018 | 20:37 WIB

GIIAS Dibuka Oleh Wakil Presiden RI

Kamis, 20 Agustus 2015 / otomotif / otda

Tangerang, OTDANEWS – Hari ini pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara yang mengusung nama baru, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 resmi dibuka.  Acara pembukaan GIIAS 2015 dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, H.M. Jusuf Kalla, yang sekaligus membuka pameran GIIAS 2015 ini secara resmi.  GIIAS 2015 akan hadir selama sebelas hari mulai tanggal 20 – 30  Agustus  di Indonesia Exhibition Convention (ICE), Bumi Serpong Damai. 
 
GIIAS 2015 akan menempati total lahan seluas lebih kurang 60.000 meter persegi di area indoor dan total sebesar 91.577 meter persegi digunakan untuk aktivitas pameran GIIAS 2015, dari keseluruhan luas lahan ICE sebesar 220.000 meter persegi. 
 
Pada upacara peresmian, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan, GAIKINDO Indonesia International Auto Show dapat bermanfaat dan memberikan pembelajaraan kepada generasi muda untuk mengetahui kemajuan dan inovasi teknologi terbaru.  “Kami harapkan pameran ini juga bermanfaat bagi kemajuan industri-industri pendukung dan masyarakat yang akan memilih kendaraan untuk kemajuan kehidupan ke depan,” ujarnya.
 
Ia juga menyatakan bahwa mobil merupakan identitas suatu negara.  Juga menggambarkan kemajuan ekonomi dan identitas bangsa.  Untuk itu dibutuhkan semangat nasional dalam keadaan ekonomi yang sedang melemah, dibutuhkan kendaraan yang efisien dan lebih baik.
 
Perhelatan GIIAS 2015,  pada penyelenggaraannya didukung sebanyak 34 merek kendaraan dari 23 Agen Pemegang Merek (APM), dan 2 Importir umum kendaraan penumpang yang terdiri atas Aston Martin, Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW dan 9 merek kendaraan komersial terdiri atas FAW, Hino, Isuzu, Iveco, Maxus, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, dan UD Trucks.
 
Sementara itu, Ketua Umum GAIKINDO, Sudirman MR,  yang mendampingi Jusuf Kalla pada acara pembukaan memaparkan lebih jauh mengenai industri otomotif Indonesia.  Pada periode Januari – Juni 2015 produksi industri otomotif tercatat sebesar 577.707 unit, turun sekitar lebih dari 15% dibanding  data produksi periode yang sama di tahun 2014 (675.425).  Sedangkan volume produksi tahun 2014 mencapai 1.298.523 unit, setelah tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata 22,6% selama periode 2006 – 2014.


Penjualan mobil di Indonesia periode Januari hingga Juli 2015 mencapai total penjualan sebesar 585.000 unit, mengalami penurunan sebanyak 18%  bila dibandingkan dengan data penjualan periode yang sama tahun 2014.


“Pameran GIIAS kali ini merupakan pameran ke 23 sejak tahun 1986.  Dan merupakan event penting disaat pasar otomotif melambat disemester 1 2015.  Sehingga pameran ini mampu mendorong pasar otomotif domestik,”  lanjut Sudirman.
 
Sudirman menambahkan bahwa GIIAS 2015, sebagai pameran otomotif bertaraf internasional terbesar di Indonesia, menuju terbesar di Asia dan mendapat dukungan penuh dari badan internasional OICA, artinya GIIAS sudah masuk dalam seri pameran otomotif dunia.
Selain itu, salah satu program GIIAS 2015 yang mendapatkan perhatian penuh dari GAIKINDO adalah konferensi tahunan The 10th Indonesia International Automotive Conference (IIAC).  Berlangsung pada tanggal 25 Agustus 2015, konferensi ini akan dihadiri oleh para pembicara tingkat atas baik dari dalam negeri maupun pembicara dari luar negeri.  Dengan mengusung tema “Smart Mobility for the Future”, konferensi ini akan membahas mengenai cara cerdas berkendara dengan memanfaatkan teknologi dan sistem yang terintegrasi dengan fasilitas jalan raya. Pameran GIIAS 2015 akan menghadirkan berbagai model kendaraan berteknologi tinggi dengan fitur cerdas yang mendukung keselamatan berkendara mendorong cara cerdas dalam hidup bertransportasi melalui kendaraan pintar yang hemat energi, environmentally friendly, dan mengusung standar keamanan internasional.(dul)

Dibaca : 397 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER