Iklan Investor Pialang
Senin, 21 Mei 2018 | 00:22 WIB

Warga Padang Gelar Tradisi Balimau Sambut Ramadhan

Selasa, 09 Juli 2013 / seni & budaya / antara

OTDANEWS.COM, Padang - Ratusan warga Kota Padang melakukan tradisi "balimau" di Sungai Lubuak Paraku Kecamatan Lubuak Kilangan, Senin sore, sebagai simbul menyucikan diri dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan 1434 Hijriah.

Sejak pukul 16.00 WIB ratusan warga mulai mendatangi Sungai Lubuak Paraku, yang terletak sekitar 20 km arah barat kota Padang , tepatnya di Jalan Raya Padang-Solok kilometer 20.

Tradisi balimau oleh warga diyakini dapat menyucikan diri guna memasuki bulan Ramadhan dengan mandi di sungai yang menggunakan jeruk nipis dan harum-haruman, dilakukan sehari sebelum datangnya Ramadhan.

Warga datang dengan menggunakan kendaraan roda dua serta roda empat sehingga menyebabkan lalu lintas sedikit ramai di area menuju ke lokasi.

Puncak balimau berlangsung sekitar pukul 17.00-18.00 WIB. Sungai Lubuak Paraku terlihat ramai dipadati warga yang ingin balimau.

Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Eddisra Alwin di Padang, Senin mengatakan, untuk pengamanan tradisi tersebut diturunkan sekitar 100 personel gabungan di kawasan Lubuak Paraku terdiri atas kepolisian, TNI, Satpol PP, SAR Dinas Perhubungan dan RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Sekitar 200 warga melakukan tradisi balimau ke Sungai Lubuak Paraku sebagai salah satu tradisi yang dilakukan menyambut Ramadhan" kata dia.

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan , mulai pukul 18.00 WIB petugas mengimbau warga untuk segera meninggalkan lokasi.

Ade (18) salah seorang warga mengatakan, tradisi balimau rutin ia lakukan saat akan memasuki bulan Ramadhan guna membersihkan diri.

Di Padang, tradisi balimau dilakukan warga di 25 lokasi yang pada umumnya adalah tempat pemandian umum dan sungai. Balimau dilakukan sebagai simbol untuk membersihkan diri guna memasuki Bulan Ramadhan.

Dibaca : 806 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER