Iklan Investor Pialang
Rabu, 20 Juni 2018 | 18:58 WIB

Kemeriahaan Perayaan HUT RI di Eropa

Minggu, 18 Agustus 2013 / jejak / antara

OTDANEWS.COM, London - Peringatan hari Kemerdekaan ke-68 RI dilaksanakan diberbagai perwakilan Indonesia diluar negeri dengan berbagai cara diantaranya dengan mengadakan pesta rakyat, peluncuran perangko seperti di Brusel dan juga mendatangkan artis dari tanah air.

Seperti halnya di Tanah Air peringatan HUT RI di London, dan di perwakilan RI lainnya di Eropa, Sabtu ditandai dengan upacara pengibaran bendera dan pembacaan UUD 45 serta Pancasila dan pemberian penghargaan kepada mereka yang telah berbakti selama 20 tahun atau lebih.

Di Belanda Dubes RI Den Haag Retno L.P. Marsudi menyematkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun dan memberikan penghargaan bagi staf lokal dan guru SIN yang berprestasi dan berdedikasi.

kegiatan dilakukan dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68, KBRI Den Haag dalam upacara bendera pada Sabtu 17 Agustus 2013 bertempat di Wisma Duta.

Di Belgia Duta Besar RI Arif Havas Oegroseno meluncurkan perangko seri Indonesia hasil kerjasama Kantor Pos Belgiadan KBRI Brusel menandai Peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan RI untuk korespondensi di Belgia dan Eropa.

Di London selain upacara bendera juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Dubes RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia dan Ny Lasty Thayeb yang dilakukan di Wisma Nusantara London, usai upacara resmi.

Potongan tumpeng secara simbolis diserahkan kepada sesepuh masyarakat Indonesia di London Yusuf Pashim dan kepada Muhammad Fazra (peserta termuda Paskibra), dan Gustika, cucu Proklamator kemerdekaan Indonesia, Muhammad Hatta).

Cucu Proklamator Indonesia M Hatta, Gustika Jusuf salah satu dari anggota Paskibrata yang ikut pengibar bendera pusaka merah putih dalam upacara bendera dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 68 bertempat di halaman Wisma Nusantara, kediaman Dubes RI London, Sabtu.

Dalam upacara yang berlangsung tertib dan khidmat tersebut, 13 remaja Indonesia bertugas menaikkan bendera Merah Putih di hadapan sekitar 150 peserta upacara yang terdiri dari masyarakat Indonesia.

Juga staf KBRI London, mahasiswa, tenaga kerja Indonesia, anggota Perhimpunan Rantau Indonesia di UK (Periuk) serta tamu undangan lainnya.

Gustika Jusuf kepada ANTARA London mengakui merasa terharu dan bangga bisa ikut hadir dalam uparara bendera dan sekaligus bisa menjadi petugas Paskibrata.

"Dulu saya juga pernah menjadi pengibar bendera waktu ayah saya bertugas di Korea," ujar putri Halida Hatta.

Upacara perayaan 17 Agustus 2013 semakin hikmad dengan bergema lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan seluruh peserta upacara, turut mengiringi detik-detik penaikan bendera Merah Putih menambah kekhidmatan jalannya upacara dengan pembacaan UUD 45 dan Pancasila.

Dubes RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan HUT RI tahun ini cukup istimewa karena masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri.

Pada momentum yang bersejarah karena menjadi titik awal bagi kehidupan sebagai bangsa untuk memangun dan mewujudkan aspirasi rakyat Indonesia.

Dubes juga mengajak para hadirin untuk lebih meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang untuk bangsa dan negara, serta lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Sejalan dengan Tema Peringatan HUT RI tahun ini Dubes RI memaparkan pentingnya upaya peningkatan perdagangan dan investasi antara RI-UK dan RI-Irlandia bagi peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dubes RI mengajak semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pemilu 2014 agar menjalankan tugas dan kewajibannya secara baik, transparan dan penuh tanggung jawab.

Tidak seperti hari-hari sebelumnya, saat berlangsungnya upacara peringatan HUT RI ke -68 cuaca di London cukup cerah sehingga pelaksanaan upacara berjalan lancar sesuai rencana, dan masyarakat Indonesia yang hadir dengan khidmat mengikuti seluruh rangkaian acara.

Acara diakhiri dengan halal bihalal dengan menu nasi rawon komplit, panggung gembira, dan mencicipi jajanan pasar yang dijual masyarakat Indonesia mulai dari siomai, empek-empek sampai bubur ayam dan asinan Bogor dan sate padang.

Berbagai stand yang menjual kuliner Indonesia seperti nasi kapau di warung masakan Padang yang cukup kesohor di London, bakso bola bola serta mpek mpek Palembang dan warung IDF serta Eastwestoriental milik Aak Firdaus yang punya toko di London menjual bahan makanan dan bumbu bumbu dari Indonesia dan bahkan tempe yang diborong oleh ibu ibu.

Acara panggung gembira dimeriahkan dengan sejumlah artis termasuk artis Ibukota biduanita Echa Paramita yang khusus diundang untuk memeriahkan acara perayaan Hari Ulang Tahun RI ke 68 dengan MC Obie Asik membuat suasana peringatan HUT RI di London semakin meriah.

Dibaca : 1515 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER