Iklan Investor Pialang
Kamis, 21 Juni 2018 | 20:45 WIB

Harga Bawang Putih di Palu Kembali Turun

Kamis, 04 April 2013 / ekuin / antara

OTDANEWS.COM, Palu - Harga bawang putih di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah dalam beberapa hari terakhir ini kembali bergerak turun.

Di Pasar Masomba Palu, Kamis harga bawang putih turun dari Rp48 ribu per kilogram, kini menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Sebaliknya, harga bawang merah mengalami kenaikkan dari Rp39 ribu per kilogram, kini mencapai Rp45 ribu per kilogram.

Kenaikkan itu dikarenakan harga di tingkat produsen naik menyusul semakin menipisnya persediaan sementara permintaan masyarakat meningkat.

Khusus bawang putih yang terus menurun, menurut para pedagang karena harga penjualan distributor turun dibandingkan sebelumnya.

Sekarang ini, kata Ny Nunung, seorang pedagang di Pasar Masomba, stok bawang putih cukup banyak, tapi bawang merah stoknya semakin berkurang.

Bawang putih yang dijual para pedagang di Palu selain dipasok dari Kalimantan, juga dari Surabaya. Sedangkan bawang merah dipasok pedagang dari petani di sekitar Lembah Palu dan Kabupaten Sigi serta Dataran Tinggi Napu, Kabupaten Poso.

Namun sudah berlangsung sebulan ini, pasokan bawang merah dari sentra-sentra produksi berkurang karena produksi petani menurun.

Kemungkinan besar, penurunan produksi bawang disebabkan adanya gangguan hama dan juga pengaruh cuaca yang tidak mendukung. Budi Suyanto

Dibaca : 318 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER