Iklan Investor Pialang
Minggu, 25 Februari 2018 | 05:23 WIB

Peresmian Proyek MP3EI Kaltim Siap Dilaksanakan

Selasa, 23 Oktober 2012 / ekuin / antara

OTDA, Samarinda - Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur Irianto Lambrie mengatakan peresmian proyek Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Pelabuhan Terminal Peti Kemas (TPK) Kariangau Balikpapan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (24/10), sudah siap dilaksanakan.

Dalam siaran pers Humas Pemprov Kaltim yang diterima ANTARA, Selasa, Irianto Lambrie yang juga ketua panitia peresmian mega proyek MP3EI Wilayah Kaltim, mengatakan bahwa lokasi peresmian pada Rabu (24/10) semuanya sudah dalam kondisi siap, termasuk Pelabuhan Kariangau yang sudah beroperasi sejak Agustus 2012.

Menurut Irianto, berdasarkan pantauan di lapangan, mulai jalan masuk hingga lokasi rencana peresmian dan groundbreaking Bandara Sepinggan, Bandara Samarinda Baru (BSB), Bandara Kalimarau Berau, Industri Kimia di Bontang, juga Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy di Kutai Timur, Terminal Peti Kemas Kariangau di Balikpapan dan PT Pupuk Kaltim V sudah siap.

Persiapan peresmian dan groundbreaking di area Pelabuhan dan Terminal Peti Kemas Kariangau akan didukung PT Pelindo IV dan "event organizer" yang telah ditunjuk untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Zairin Zain mengatakan, mengenai persiapan peresmian tersebut telah mencapai 100 persen.

Meski tidak semua bongkar muat Peti Kemas dilakukan di pelabuhan, katanya, namun diharapkan setelah diresmikan semua dapat beroperasi sesuai kebutuhannya masing-masing.

Lokasi yang diresmikan, lanjut Zairin, seluas 72,5 hektare yang digunakan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), sedangkan luas keseluruhan yang dimiliki Pemprov Kaltim termasuk yang digunakan Pelindo mencapai 341 hektare.

Ia mengatakan, proyek yang akan diresmikan Presiden adalah lahan yang digunakan seluas 70 hektare. Perkembangan pembangunannya sudah mencapai 100 persen, sehingga tinggal diresmikan.

Dia berharap peresmian itu berlangsung lancar sehingga operasional bongkar muat peti kemas bisa dimulai dengan baik. (Antara)

Dibaca : 452 kali
SIGNUP FOR NEWSLETTER