Iklan Investor Pialang
Rabu, 24 Januari 2018 | 10:46 WIB

BNN Terus Sosialisasikan Detoksifikasi Gratis Korban Narkoba

Selasa, 11 Juni 2013 / nasional / antara

OTDANEWS.COM, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) terus mensosialisasikan program tahunan detoksifikasi gratis terhadap korban narkoba guna mengurangi jumlah penyalahguna narkotika dan obat-obatan.

"Acara ini merupakan bagian dari gerakan masyarakat yang dibantu oleh BNN untuk merehabilitasi korban penyalahguna narkoba, khususnya di Jakarta," kata Kepala BNN Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar di Jakarta, Selasa.

Dikatakan Anang, acara sosialisasi yang dilangsungkan di salah satu klinik di kawasan Cawang, Jakarta Timur, itu merupakan salah satu upaya nyata BNN dalam mengurangi jumlah pecandu narkoba yang saat ini telah mencapai 4 juta orang.

Adanya klinik rehabilitasi, baik milik kelompok masyarakat, swasta atau pun milik pemerintah diharapkan bisa memberikan layanan terapi dan rehabilitasi dalam penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

"Masalahnya kita sudah terlanjur ada 4 juta orang yang terjerat narkoba dan tempat rehabilitasi kita terbatas. Oleh karena itu kita ajak seluruh masyarakat dan instansi terkait untuk bersama-sama melakukan gerakan untuk rehabilitasi 4 juta orang ini," jelasnya.

Anang juga mengajak peran serta pemerintah provinsi, kabupaten/kota untuk membangun klinik rehabilitasi dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Program layanan terapi dan rehabilitasi dinilai merupakan salah satu pendekatan baru yang lebih menekankan paradigma kesehatan dimana tidak ada aspek hukum yang akan diterima pecandu dalam proses pemulihan.

"Ini yang sedang kita dorong, sehingga terjadi rehabilitasi secara massal khususnya untuk 4 juta orang ini. Kalau itu terjadi saya kira tidak ada lagi 'demand' di republik ini dan peredaran narkoba bisa turun," ujarnya.

Diharapkan, dengan layanan detoksifikasi gratis yang dilangsungkan oleh BNN sejak Mei lalu hingga akhir Juli ini bisa memfasilitasi jutaan pecandu. Di Jakarta saja, setidaknya ada sekitar 491.848 jiwa pecandu narkoba yang hingga saat ini belum memperoleh rehabilitasi.

Dalam layanan ini, pengguna narkoba tidak akan dituntut pidana jika ia melaporkan diri secara sukarela kepada Instansi Penerima Wajib Lapor dengan maksud mendapatkan perawatan. Tak hanya dirawat, mereka juga akan diberikan motivasi agar punya semangat untuk pulih.

Program ini merupakan bentuk kerja sama BNN dengan instansi pemerintah, kelompok masyarakat dan swasta. Selain di Klinik Sejahtera Mitra Afia, layanan detoksifikasi juga dilakukan di Pos Kesehatan Kampung Permata.

Dibaca : 1509 kali
SIGNUP FOR NEWSLETTER