Iklan Investor Pialang
Senin, 22 Januari 2018 | 17:16 WIB

PLTG Panaran Batam Rusak Akibat Debu Asap

Jumat, 12 Juli 2013 / potensi daerah / antara

OTDANEWS.COM, Batam - Pembangkit Listrik Tenaga Gas Panaran pemasok PT Pelayanan Listrik Nasional Batam rusak akibat debu kabut asap kebakaran hutan Riau beberapa waktu lalu.

"Turbin pada pembangkit kami di Panaran rusak karena kotor terkena kabut asap," kata Senior Manajer Komunikasi PLN Batam Agus Subekti di Batam, Jumat.

Ia mengatakan debu asap menempel pada turbin sehingga pembangkit tidak bisa bekerja dan rusak.

Padahal kabut asap melanda Batam pada Juni dan sudah tidak lagi terjadi sejak dua pekan lalu. Agus enggan menjelaskan mengapa kerusakan terjadi baru terjadi setelah kabut asap tidak lagi melanda Batam.

Sementara akibat kerusakan pembangkit itu, PLN Batam terpaksa melakukan pemadaman listrik bergilir di beberapa tempat pada Rabu-Kamis (10-11/7).

PLN Batam, kata dia, berupaya secepatnya untuk memulihkan kondisi itu dengan membersihkan turbin dari debu.

"Pemadaman bergilir yang dilakukan itu untuk membersihkan turbin yang rusak," kata dia.

Ia mengatakan pembersihan turbin yang rusak karena debu memerlukan waktu hingga sepekan, dan diperkirakan akan bisa bekerja normal kembali pada Rabu (17/7).

PLN, kata dia, tetap berupaya untuk menghindari pemadaman listrik bergilir dengan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

"Meskipun kami harus rugi karena harga solar mahal, namun tetap kami lakukan demi pelayanan maksimal ke masyarakat," kata dia.

Dibaca : 770 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER