Iklan Investor Pialang
Jumat, 20 April 2018 | 00:25 WIB

Keindahan Alam Indonesia Peringkat ke Enam Dunia

Senin, 10 Juni 2013 / potensi daerah / antara

Jakarta, 10/6 (Antara) - Keindahan alam Indonesia menempati posisi ke enam dunia berdasarkan hasil survei World Economic Forum (WEF) 2012 yang dirilis belum lama ini, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu.

"Kami menyampaikan bahwa tahun ini peringkat kepariwisataan Indonesia berdasarkan hasil survei WEF naik empat peringkat, dari posisi ke 74 dunia pada 2011 menjadi posisi 70 dunia pada 2012," kata Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin.

"Hal yang lebih membanggakan adalah Indonesia ada di peringkat enam untuk keindahan alam," katanya.

Menurut Mari, hal ini adalah modal besar untuk mengembangkan pariwisata karena siapapun tahu bahwa pantai dan laut yang terindah di dunia ada di Indonesia.� "Beberapa waktu lalu kita berhasil memukau pengunjung ITB Berlin 2013 dengan menampilkan replika Kapal Phinisi sebagai daya tarik dan ikon dari Paviliun Indonesia," katanya.

Ia berpendapat, itu menjadi wujud sinergi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat positif untuk meningkatkan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia yang telah memiliki tradisi dan sejarah kelautan sejak ribuan tahun lalu.

Pihaknya memiliki komitmen untuk mengembangkan tujuh wisata tematik (minat khusus) dan tiga di antaranya sangat terkait dengan pantai dan laut (wisata alam dan ekowisata, wisata olahraga dan rekreasi, dan wisata kapal pesiar).

"Namun, pengembangan wisata tematik ini memerlukan dukungan kerja sama dengan kementerian lain dan Pemerintah Daerah," katanya.

Ia menambahkan, pengembangan wisata tematik yang optimal diharapkan mampu mendongkrak peringkat pariwisata Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

Dibaca : 3373 kali
SIGNUP FOR NEWSLETTER