Iklan Investor Pialang
Sabtu, 21 April 2018 | 06:44 WIB

Jember Kembangkan Kopi Arabika di Lereng Argopuro

Kamis, 29 Nopember 2012 / potensi daerah / antara

OTDANEWS.COM, Jember - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengembangkan budi daya kopi arabika di lereng Pegunungan Argopuro yang berada 3.088 meter dari permukaan laut.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Jember, Totok Hariyanto, Kamis, mengatakan sebanyak 500 ribu bibit kopi arabika dibagikan kepada petani dan kelompok tani yang tinggal di lereng Pegunungan Argopuro.

"Kami akan mengembangkan perkebunan kopi arabika seluas 500 hektare dengan memberikan bibit kopi gratis kepada kelompok tani yang berada di lereng Argopuro karena daerah itu cocok untuk pengembangan budidaya kopi arabika," tuturnya.

Menurut dia, pengembangan budidaya kopi arabika juga berfungsi untuk mengurangi tanah longsor yang sering terjadi di lereng Argopuro, sekaligus memberikan penghasilan ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat setempat.

"Tahun depan, Pemkab Jember akan mengembangkan perkebunan kopi seluas 2.000 ha yang dibagi menjadi dua cluster yakni cluster pertama diperuntukkan untuk kebun kopi Arabika di lereng Argopuro dan cluster kedua untuk kopi robusta yang dikembangkan di Kecamatan Silo," paparnya.

Selain kopi arabika, lanjut dia, Dishutbun Jember juga berencana mengembangkan budidaya tanaman kakao seluas 1.000 ha bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Jember, PT Indocom dan asosiasi petani kopi dan kakao Jember.

"Untuk permodalan, Dishutbun akan menjalin kerja sama dengan Bank Indonesia dan Bank Jatim karena Jember diharapkan menjadi pusat agro di Jawa Timur," ujarnya.

Salah satu kelompok tani yang menerima bantuan bibit tanaman kopi arabika yakni Kelompok Tani Taman Putri di Desa Kemiri, Kecamatan Panti.

"Dengan bantuan bibit kopi dari Dishutbun Jember, banyak petani yang beralih menanam kopi arabika karena harganya di pasaran lebih mahal dibandingkan kopi robusta," kata Saiful, salah seorang petani di Desa Kemiri.

Ia berharap Dishutbun Jember melakukan pembinaan terhadap petani yang melakukan budidaya kopi arabika secara berkelanjutan, agar perekonomian warga di lereng Pegunungan Argopuro meningkat. (ANTARA)

Dibaca : 4602 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER