Iklan Investor Pialang
Rabu, 25 April 2018 | 09:56 WIB

300 Mahasiswa Indonesia Belajar di Belanda

Senin, 22 Juli 2013 / karya / antara

OTDANEWS.COM, Jakarta - Tiga ratus mahasiswa Indonesia akan memulai perkuliahan untuk tahun akademik 2013 pada September mendatang di berbagai universitas di Belanda dan program studi di negara tersebut.

Jumlah pelajar Indonesia yang akan menempuh pendidikan di Belanda pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, kata Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker dalam pernyataan yang diterima Antara di Jakarta, Senin (22/7).

Menurut dia jumlah yang meningkat ini menunjukkan tingginya kualitas pendidikan tinggi yang akan didapatkan para pelajar di Belanda.

"Semangat kreatif dan pionir adalah karakteristik pendidikan tinggi di Belanda. Universitas di Belanda fokus pada inovasi dan para profesornya bertekad untuk melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah," ujar Mervin.

Dia menjelaskan Belanda menawarkan sistem pendidikan tinggi kelas dunia dimana 12 universitas menduduki posisi 200 besar pada rangking "Times World University".

Sementara bidang studi unggulan di Belanda antara lain adalah bisnis, ekonomi, teknik dan hukum. Selain itu Belanda juga menawarkan pilihan spesialisasi tertentu misalnya di bidang manajemen air dan teknik pangan.

Pada acara pengarahan sebelum keberangkatan yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia beberapa waktu lalu Duta Besar Belanda untuk Indonesia Tjeerd F. De Zwaan mengatakan pentingnya membangun persahabatan dengan para pelajar internasional lainnya melalui perkenalan bahasa, budaya, makanan dan cara hidup.

"Hal tersebut akan memperluas pandangan dan membantu dalam memahami satu sama lain. Ketika di Belanda, Anda akan menjadi duta untuk negara Anda dan ketika Anda kembali ke tempat asal, Anda bisa menjadi duta untuk Belanda", ujar Duta Besar De Zwaan.

Nuffic Neso Indonesia adalah organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Belanda.

Setiap tahun Neso Indonesia menawarkan program beasiswa bagi sekitar 300 warga negara Indonesia dalam bentuk program master dan pelatihan.

Dibaca : 1009 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER