Iklan Investor Pialang
Kamis, 19 April 2018 | 18:57 WIB

Karya Sastra Mampu Dongkrak Pariwisata Babel

Rabu, 03 April 2013 / karya / antara

OTDANEWS.COM, Pangkalpinang - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi mengatakan karya sastra terbukti mampu mendongkrak kepariwisataan di wilayah tersebut.

"Salah satu bukti adalah karya sastra berupa novel karya Andrea Hirata yang turut mendongkrak nama Bangka Belitung sebagai daerah tujuan wisata," kata Yan di Pangkalpinang, Rabu.

Dikatakan Yan, dengan diterjemahkannya novel Laskar Pelangi--yang ber-"setting" tempat di Belitung--ke beberapa bahasa asing, membuat pamor wisata Babel semakin naik.

Berkat novel tersebut, Yan mengatakan bahwa berbagai media nasional dan internasional telah melakukan peliputan ke Babel, terutama untuk kepariwisataannya.

"Untuk skala internasional, akhir Maret lalu salah satu televisi dari Jerman datang untuk melakukan liputan budaya dan pariwisata di Belitung," ujar dia.

Proses syuting dilakukan selama lima hari di Negeri Laskar Pelangi tersebut.

Yan mengatakan bahwa segenap kru televisi asal Jerman tersebut kagum dengan keindahan dan kekayaan budaya di Belitung.

"Laskar Pelangi" sendiri telah mendapat penghargaan ITB Buch Award 2013 dalam penyelenggaraan pameran pariwisata terbesar ITB Berlin yang berlangsung di Gedung Messe Berlin, Maret lalu.

Dengan semakin terkenalnya Babel di dunia internasional, kunjungan wisatawan juga semakin meningkat, terbukti dengan pencatatan BPS yang menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Bangka Belitung selama Februari 2013 mencapai 146 orang atau naik 43,14 persen jika dibandingkan angka wisman pada bulan sebelumnya sebanyak 102 orang.

Sementara itu, kunjungan wisatawan nusantara (wisnu) ke Babel justru mengalami penurunan 11,56 persen menjadi hanya 11.051 orang selama Februari 2013.

Total kunjungan wisatawan ke Babel selama Februari mencapai 11.197 orang atau mengalami penurunan jika dibandingkan dengan angka kunjungan pada bulan sebelumnya mencapai 13.190 orang.

Dibaca : 352 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER