Iklan Investor Pialang
Kamis, 19 April 2018 | 18:47 WIB

Pertanian Organik Contoh Pengembangan Desa Berkelanjutan

Sabtu, 17 Nopember 2012 / lintas daerah / antara

OTDANEWS.COM, Bogor - Pertanian organik adalah salah satu contoh pengembangan desa berkelanjutan, kata pejabat di Kementerian Lingkungan Hidup.

"Dan itu sudah dilakukan di Dukuh Serut, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Yogyakarta," kata Kabid Pengembangan dan Evaluasi Asisten Departemen Kajian Kebijakan Wilayah dan Sektor Kementerian Lingkungan Hidup Ir Qurie Purnamasari, MS.i, seperti dilansir Kantor Humas Institut Pertanian Bogor di Bogor, Selasa.

Berbicara pada seminar nasional "Indonesian Civil and Environmental Festival (ICEF) yang digagas Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB di Kampus Darmaga, ia menjelaskan, contoh pengembangan desa berkelanjutan lainnya juga ada.

Di antaranya, pemanfaatan biogas di Banjar Penyabangan, Gianyar, Bali, dan pengolahan sampah, desain rumah panggung, penanaman mangrove dan peternakan kepiting di Desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Kita juga bisa melaksanakan kegiatan di berbagai lokasi terpisah seperti fasilitas pengolahan sampah, tanaman apotek hidup, desain rumah panggung, penanaman mangrove dan peternakan kepiting dan konstruksi antisipasi abrasi air laut," katanya.

Sementara itu, pembicara dari Kementerian Pekerjaan Umum Ir Joerni Makmoerniati, M.Sc mengatakan, paradigma pembangunan permukiman perdesaan adalah dengan menjadikan kawasan strategis sebagai penggerak pertumbuhan.

Di samping itu, kata dia, pengembangan kawasan perdesaan yang strategis sebagai pusat pertumbuhan seperti kawasan agropolitan, minapolitan, dan lainnya.

"Strategi pembangunan kawasan perdesaan mengintegrasikan komponen sistem usaha pertanian/perikanan/pariwisata dengan sistem satuan permukiman guna menumbuhkan ekonomi kawasan," katanya.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian IPB Dr Sam Herodian mengatakan, meski masih terbilang departemen baru, mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fateta telah menoreh banyak prestasi.

Di antaranya, juara III Lomba Rancangan Pedesaan Berkelanjutan yang diselenggarakan Universitas Hasanudin, meraih medali perunggu dalam lomba Pekan Kreativitas Mahasiswa, dan berbagai kompetisi lainnya.

"Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fateta IPB jugalah yang menginisiasi Forum Teknik Lingkungan Indonesia," demikian Sam Herodian. (ANTARA)

Dibaca : 2933 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER