Iklan Investor Pialang
Senin, 22 Januari 2018 | 17:16 WIB

SBY Ingin Calon Penggantinya Mumpuni

Rabu, 21 Agustus 2013 / pilkada / antara

OTDANEWS.COM, Jakarta - Ketua DPR RI Marzuki Alie menyatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginginkan calon penggantinya merupakan negarawan yang mumpuni.

"Mumpuni mampu memimpin bangsa ini dengan melanjutkan yang telah berjalan baik dan memperbaiki apa yang masih kurang serta mampu mengatasi persoalan kebangsaan," katanya di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan bahwa Presiden Yudhoyono dalam pidato kenegaraan menyambut HUT Ke-68 Kemerdekaan RI di hadapan sidang bersama DPD dan DPR di Jakarta, Jumat (16/8), berharap Presiden mendatang bisa melakukan "change and continuity" atau perubahan dan kesinambungan.

"Perubahan lebih baik atas kekurangan yang ada dan berkesinambungan atas berbagai hal yang telah berjalan baik," katanya.

Terkait dengan pelaksanaan Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Marzuki yang juga Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat berharap dapat menghasilkan calon presiden yang mumpuni itu.

Untuk menghasilkan calon presiden yang mumpuni itu, kata dia, perlu ditetapkan kriteria umum dan kriteria spesifik yang harus dimiliki oleh calon peserta konvensi calon presiden.

"Kriteria umum misalnya jenjang pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, kriteria spesifik misalnya harus calon yang antikorupsi, berada di atas semua golongan atau kelompok mengingat keberagaman bangsa ini, dan mampu mengatasi persoalan bangsa Kriteria-kriteria itu, katanya, harus ditetapkan dan diumumkan kepada publik sehingga publik dapat mengetahui bahkan memberikan masukan siapa calon yang pantas dan memenuhi kriteria itu.

"SBY tentu saja menginginkan calon yang benar-benar mampu menyelesaikan persoalan bangsa ke depan. Kalau itu bisa dicapai, sesungguhnya 50 persen masalah bangsa sudah bisa dicapai," katanya.

Konvensi calon presiden, katanya, bukan main-main atau sekadar meningkatkan citra Partai Demokrat.

Dibaca : 731 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER