OTDANEWS.COM, Los Angeles - Penyanyi pop Mariah Carey dan rapper Nicki Minaj meninggalkan posisi juri "American Idol" setelah bertugas selama satu musim di sana, mengikuti jejak juri Randy Jackson yang juga meninggalkan kompetisi menyanyi itu.

"Terima kasih American Idol untuk pengalaman yang berarti dalam hidup! Tidak akan menukarnya dengan apapun! Sekarang waktunya fokus pada Musik!!" tulis Minaj pada akun Twitternya seperti dikutip Reuters.

Kepergian Carey juga diumumkan di Twitter oleh humas PMK BNC yang mengatakan sang penyanyi "mengucapkan selamat tinggal untuk Idol" karena dia bersiap untuk melakukan tur dunia.

Carey (43) bergabung sebagai dewan juri bersama Minaj (30), penyanyi country Keith Urban dan Jackson, produser musik, untuk acara pada musim ke-12. Carey dilaporkan meraup 18 juta dolar sementara honor Minaj dikabarkan mencapai 12 juta dolar, dan Urban mendapat 8 juta dolar pada musim tersebut.

Carey dan Minaj menjadi pusat perhatian selama acara berlangsung karena pertengkaran mereka baik di depan kamera maupun belakang layar, Carey bahkan mengatakan pada Januari lalu bahwa dia menyewa pengamanan ekstra karena ada ancaman dari Minaj.

Meski dewan juri diisi para bintang seperti Carey, Minaj (30), dan Urban, rating acara tersebut menukik menjadi paling rendah dalam 12 musim.

Saluran televisi Fox mengomentari kepergian keduanya mengatakan, "Mariah Carey adalah simbol global sesungguhnya, salah satu dari artis yang paling berbakat di planet, dan kami sangat merasa beruntung saat dia dapat berbagi pengalaman pada kontestan 'American Idol' musim ini."

"Nicki Minaj adalah bintang yang jujur dan membawa gairah di 'American Idol' serta membawa dampak positif bagi banyak kontestan musim ini. Mengingat kesibukannya, kami mengerti dan menghormati keputusannya serta mendoakan yang terbaik untuknya," lanjut Fox.

Jackson juga mengumumkan kepergiannya dari American Idol musim selanjutnya, sementara masih belum jelas langkah apa yang akan diambil Urban.