Iklan Investor Pialang
Rabu, 25 April 2018 | 10:10 WIB

Aksi Seru Drift War Sedot Perhatian Pengunjung IIMS 2012

Minggu, 30 September 2012 / otomotif / iims2012

Para pecinta otomotif di tanah air yang mengunjungi pameran Indonesia International Motor Show akan mendapatkan suguhan menarik berupa ‘perang’ adu cepat dan skill para drifter Indonesia dalam program Drift WarMenghadirkan sekitar 50 drifter profesional,yang akan saling bertarung menyajikan atraksi seru untuk menjadi yang terbaik.

Demi kenyamanan dan keamanan para penonton, panitia menyiapkan tribun penonton di sisi Timur area drift war. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari yaitu mulai Jumat (28/09) hingga Minggu (30/09). Hari pertama digunakan sebagai sesi Practice atau latihan bagi para drifter untuk lebih mengenal layout track. Hari kedua (29/09) digunakan sebagai hari kualifikasi dari para peserta Drift War kali ini dan hari terakhir akan menjadi puncak kegiatan yang paling ditunggu para pecinta Drift War yaitu Final Battle.

Hari ini program Drift War memasuki babak kualifikasi dimana dari 50 drifter yang berlomba hari ini akan disaring 32 drifter terbaik yang berhak tampil di ajang puncak Final Battle pada Minggu (30/09) esok. Agar battle antar para drifter lebih menarik, panitia menyiapkan layout track baru yang lebih menantang dibandinglayout track tahun lalu dengan luas lebih dari 7 ribu m². Pembuatan track baru ini dilakukan bekerjasama dengan Komisi Drift Indonesia yang baru terbentuk Agustus tahun ini.

Terkait layout track baru ini, juara Drift War tahun lalu Emmanuel Adwitya Amandio atau biasa dipanggil Dio mengatakan track yang baru memiliki entry speed yang lebih cepat dibanding layout track tahun lalu. “Secara umum, track yang sekarang lebih enak. Memang relatif lebih kecil tetapi dari sisi excitement lebih seru yang sekarang,” ujarnya. Dengan layout track yang demikian menantang, para drifter yang berlomba hari ini dituntut untuk memiliki skill yang tepat serta feeling atasbody mobil mereka.

Selain menghadirkan aksi dari para drifter profesional, pihak panitia juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk ikut merasakan langsung aksi driftmelalui program Taxi Drift. Untuk menjaring pengunjung yang beruntung, pembawa acara akan menggelar games dan kuis bagi para pecinta otomotif yang hadir di area Drift War. Pemenang games atau kuis yang digelar panitia berkesempatan menjadi penumpang Taxi Drift yang menggunakan mobil Toyota FT 86. “Selain di area drift, pengunjung yang ingin menjadi penumpang Taxi Drift juga bisa mendapatkan kesempatan langka ini di booth Toyota,” jelas Dudi Prayitna salah satu pelaksana acara ini.

Taxi drift akan digelar dalam empat sesi dimana tiap sesinya akan ada empat orang pengunjung yang bisa merasakan menjadi penumpang Taxi drift. Sesi pertama dimulai pada pukul 12.00 – 12.15 WIB, sesi kedua digelar pada pukul 15.00 – 15.15 WIB, sesi berikutnya diadakan pada pukul 17.40 – 18.00 WIB dan sesi terakhir pada18.35 – 18.55 WIB. “Pada tiap sesi akan ada empat pengunjung yang kami ajak untuk naik Taxi Drift dan melakukan drifting untuk satu lap. Dalam tiap sesi ini, dua pengunjung dipilih dari penonton yang ada di area drifting ini, dua lainnya dari booth Toyota,” ujar Dudi.

Pemilihan Toyota FT86 sebagai kendaraan yang digunakan untuk Taxi drift merupakan hasil pooling dari para drifter. Menurut Dudi, mobil ini memiliki tenaga yang cukup bagus untuk diajak drifting dengan handling dan fitur-fitur yang baik meski dalam keadaan standar. “Mobil ini bisa dipakai untuk sehari-hari dan sekaligus untuk drifting tanpa harus dimodifikasi lagi,” terang Dudi. 

Drift War kali ini menghadirkan para juri yang terdiri dari kalangan profesional drifter Indonesia yaitu Denny Pribadi, Akbar Rais (Drift INc) dan Gulam (komisi Drift Ikatan Motor Indonesia). Drift War di ajang Indonesia International Motor Show ini merupakan satu-satunya program drifting yang diagendakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk tahun ini. Bahkan kabarnya Drift War menjadi proyek percontohan bagi IMI sebelum menggelar Kejuaran Nasional (Kejurnas) Drifting yang rencananya akan dimulai tahun 2013.

Dibaca : 398 kali
SIGNUP FOR NEWSLETTER