Iklan Investor Pialang
Rabu, 25 April 2018 | 10:17 WIB

Ani Yudhoyono Buka Pameran Mutumanikam Nusantara Indonesia

Rabu, 14 Nopember 2012 / ekuin / antara

OTDANEWS.COM, Jakarta - Ibu Negara Ani Yudhoyono membuka pameran perhiasan Mutumanikam Nusantara Indonesia (MMNI) ke 7 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu dengan menyampaikan harapannya agar kegiatan ini memberikan dampak terhadap produsen di dalam negeri.

Ani Yudhoyono dalam sambutannya mengatakan, pameran ini dapat meberikan efek positif baik bagi para perajin maupun produsen mutumanikam. Dengan pameran ini, para perajin dapat menambah pengetahuan, informasi perhiasan yang berkembang, dan memahami pasar.

"Sementara konsumen juga dapat mengetahui trend perhiasan dari tahun ke tahun," katanya.

Ani Yudhoyono mengatakan, Indonesia yang berada di cincin api, memiliki kekayaan batu-batuan mineral dan batu mulia. Batu-batuan tersebut telah dikenal dan telah digunakan sebagai perhiasan sejak dulu kala. Untuk itu, industri perhiasan telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia.

Menurut Ibu Negara, peningkatan mutu produksi dari mutumanikam menjadi sangat penting, mengingat terus meningkatnya permintaan terhadap produk ini. Peningkatan kualitas produksi, akan terus mendorong daya saing yang akan meningkatkan permintaan. Hal ini akan mendorong kesejahteraan bagi perajin dan juga memperluas lapangan pekerjaan.

Rp33 triliun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam kesempatan tersebut mengatakan kontribusi perhiasan dalam perekonomian terus meningkat. Menurut dia, perhiasan berkontribusi dalam PDB sebesar Rp33 triliun. Sedangkan ekspor perhiasan mencapai Rp2 triliun.

Sementara itu, Pameran yang digelar 14-17 November kali ini diikuti oleh 200 peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri, diantaranya India, Myanmar dan Hongkong. Selain itu, mengetengahkan koleksi perhiasan produksi John Hardy, milik pemerintah daerah dan dewan kesenian nasional daerah.

Mutumanikam Nusantara Indonesia merupakan perkumpulan pecinta dan perajin mutumanikam (perhiasan). Ibu Negara Ani Yudhoyono merupakan pemrakarsa perkumpulan ini, dan didukung oleh Mufidah Jusuf Kalla. Perkumpulan ini juga bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional yang saat ini diketuai Herawati Boediono.

MMNI didirikan unuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi perajin dan mendorong daya saing perajin serta melestarikan seni dan kekayaan mutumanikam. Sejak didirikan enam tahun lalu, MMNI telah melatih lebih dari 1200 perajin dari berbagai daerah.

MMNI juga telah mengikuti pameran di berbagai kota besar di mancanegara seperti Tokyo, London, Paris, Basel, Vicenza, Dubai, Hongkong, Los Angeles, New York, Washington, Brussel, Madrid, Toronto, Kuwait, Beijing.(ANTARA)

Dibaca : 768 kali
Baru dibaca Terpopuler
SIGNUP FOR NEWSLETTER